Search
Close this search box.

Perlu Diketahui! Inilah Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Berjalan Normal

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di perkotaan pastinya akan memilih mobil dengan transmisi matic untuk kendaraan keseharian. Hal ini karena mobil matic memberi kemudahan lebih kepada penggunanya. Meskipun banyak kemudahaan dalam pengoperasiannya, ada juga beberapa persoalaan yang sering dihadapi pengemudinya. Salh satunya ialah mobil tidak mau berjalan meski telah menekan pedal gas. Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil matic tidak dapat berjalan, antara lain:

1. Mesin Slip
Penyebab umum mobil matic tidak mau berjalan adalah mesin mobil yang slip, ini terjadi ketika mobil maju. Kemudian meski seharusnya mobil telah pindah gigi, mobil justru hilang tenaga dan mesin malah meraung.
Demi memastikan mesin mobil slip, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menjalankan mobil dengan posisi awal transmisi di D. Kemudian tambah akselerasi mobil tanpa memindah tuas transmisi. Apabila terdengar suara mesin yang meraung dapat dipastikan mesin mobil mengalami slip.

2. Mobil Tersendat
Mobil matic yang tersendat mengakibatkan mobil tidak dapat berjalan. Hal ini ditandai pada saat mobil akan melakukan pindah gigi yang keluar justru hentakan. Setelah itu muncul hentakan kembali dan mobil pun tidak berjalan. Normalnya, pindah gigi tidak menimbulkan hentakan. Akan tetapi bila mengalami sendatan, segera cek kondisi mesin mobil atau bawa ke bengkel terdekat.

3. Transmisi Tidak Dapat Berpindah Otomatis
Saat tuas transmisi berada di posisi D, perpindahan gigi akan secara otomatis. Pengemudi hanyalah menginjak atau melepas gas. Namun, mobil tidak bisa berjalan jika ada masalah saat perpindahan gigi tersebut.
Untuk mengetahui masalah pada perpindahan gigi yakni ketika menginjak gas namun suara mesin sama seolah gigi tidak berpindah. Hal ini dapat menyebabkan gas tidak mau menyala sehingga mobil tidak berjalan.

4. Tuas Transmisi Sulit Digeser
Pada mobil matic, tuas transmisi mempunyai peranan yang penting. Masalah pada tuas transmisi ini dapat menyebabkan mobil tidak mau berjalan. Misalnya ketika tuas transmisi sulit digeser.
Hal ini terkadang terjadi pada perpindahan tuas gigi. Meskipun knop pembuka kunci sudah dibuka, namun tuas pindah gigi tidak dapat digerakkan. Alhasil mobil tidak dapat berjalan. Jika merasa mengalami salah satu atau lebih dari tanda-tanda tersebut jangan ragu untuk segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

Share this Article

Related Posts