Search
Close this search box.

Tips Mudik Untuk Kendaraan Pribadi Anda

Cek perawatan kendaraan sebelum dan sesudah mudik

Menjelang lebaran kegiatan mudik menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang untuk mengunjungi keluarga di kampung. Namun, kegiatan mudik tak terlepas dari kemacetan karena banyak orang berbondong-bondong untuk mudik dan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Maka ada baiknya sobat arista mengecek terlebih dahulu kendaraan anda sebelum dan sesudah mudik, karena perjalanan mudik yang memakan waktu lama dan menempuh jarak jauh memerlukan kendaraan yang prima. Berikut Arista berikan beberapa tips yang bisa anda ikuti sebelum dan sesudah mudik:

1. Periksa kondisi Mesin

Pastikan tingkat oli mesin dalam kondisi yang tepat sesuai dengan rekomendasi. Ganti oli jika diperlukan. jika perlu lakukan juga tune up mesin standar dengan membersihkan atau mengganti busi, saringan udara dan saringan bahan bakar.

Berita sebelumnya: PLN Borong 10 Ribu Mobil Listrik BYD Untuk Masa Depan Hijau

2. Air Radiator

Pastikan cairan pendingin dalam tangki radiator mencukupi dan tidak bocor, atau jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air yang baru sesuai dengan air & coolant yang disarankan oleh merk masing-masing kendaraan.

3. Rem dan Kaki

Dua hal ini sangat berkaitan erat dengan keselamatan dan kenyaman dalam perjalan mudik anda, maka pastikan rem kendaraan dalam kondisi baik, termasuk ketebalan kampas rem dan cairan rem.

4. Ban

Pastikan apakah kondisi ban masih baik, jika terlihat ada retak dalam permukaan ban yang ditimbulkan dari permukaan karet ban yang sudah lentur, sangat disarankan untuk segera diganti dengan yang baru.

5. Bagian lampu

Cek kondisi kabel-kabel terbalut rapi dan terhindar dari robek/gigitan tikus untuk memastikan lampu rem, lampu sein, dan lampu utama dapat berfungsi dengan baik.

6. Wiper

Semprotan air wiper harus memiliki kapasitar air ditanki dalam kondisi maksimal agar semprotan air wiper dapat berjalan dengan baik. Selain itu, cek kemudan karet masih lembut atau tidak agar tidak menimbulkan bunyi pada saat bekerja.

7. Kelengkapan Mobil

Cek ketersedian kelengkapan mobil anda mulai dari surat-surat kendaraan, tools std, P3K, segitiga pengaman, alat charging (EV) dan item terkait lainnya.

8. Bahan bakar dan Battery EV

Terakhir, sobat arista dapat memperkirakan bahan bakar dan battery yang mencukupi selama perjalan dan dapatkan informasi SBU dan SPKLU dalam perjalanan yang akan dilewati.

Anda juga dapat mendatangi bengkel resmi Arista untuk melakukan pemeriksaaan & perawatan secara keseluruhan. Daftarkan booking service di bengkel-bengkel Arista Group atau hubungi layanan WhatsApp kami di: +62 811-9622-966

Share this Article

Related Posts