Search
Close this search box.

Cara Merawat Mobil Putih Agar Tetap Kinclong

alvez putih

Mobil dengan warna putih memang memiliki banyak peminat. Warna putih pada mobil tetap selalu ngetren dari tahun ke tahun. Namun, cara merawat mobil putih ini tidak banyak diketahui pemilik kendaraan. Tidak sedikit yang merawatnya dengan asal-asalan hingga membuat warna mobil putih menjadi kusam.

Memiliki mobil, sudah sewajarnya untuk selalu merawatnya. Baik itu dari segi eksterior maupun interior, hingga perawatan pada mesin mobil agar selalu dalam kondisi prima. Termasuk merawat cat eksterior putih yang dianggap sebagai warna elegan dan stylish.

Seperti warna putih pada mobil Wuling Alvez, yaitu Pristine White yang terlihat elegan dan modern. Wuling Alvez dengan warna putih ini terlihat kekinian yang semakin menunjang penampilan menjadi keren.

Jika dirawat dengan baik dan benar, mobil berwarna putih tentu akan bertahan lama dan terlihat selalu kinclong seperti baru. Untuk menjaga warna mobil dalam keadaan baik, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai cara merawat mobil putih.

Berita Sebelumnya : Test Drive Bersama Media untuk BYD Atto 3: Mengungkap Kehebatan Mobil Listrik Terkini

Cara Merawat Mobil Putih

Memiliki mobil berwarna putih, ada cara untuk merawatnya agar tetap awet dan tetap kinclong seperti baru. Berikut cara merawat mobil putih:

  • Mencuci dengan Sabun Khusus

Jangan asal pilih sabun saat mencuci mobil putih. Pastikan untuk menggunakan sabun maupun shampo khusus mobil sehingga cat mobil tetap terjaga. Apabila menggunakan sabun maupun shampo yang sesuai akan menghindari kerusakan dari cat mobil dalam jangka waktu dekat.

  • Mencuci Mobil dengan Benar

Teknik dalam mencuci mobil berwarna putih tidak boleh salah. Jangan sampai saat mencuci mobil masih tersisa kotoran yang menempel. Pastikan untuk mencuci menggunakan lap microfiber dan sabun khusus agar tidak merusak cat mobil.

Selain itu pastikan untuk membilas mobil dengan bersih sesudah di sabun. Karena sisa sabun dan busa yang mengering pada cat mobil dapat meninggalkan bercak dan noda yang kemudian hari akan sulit untuk dibersihkan.

  • Keringkan Mobil dengan Benar

Setelah mobil dibilas dengan bersih, jangan lupa untuk lekas membilasnya sampai kering. Gunakan lap khusus seperti lap microfiber agar sisa-sisa bulir air yang menempel pada bodi benar-benar kering. Sisa-sisa air usai mencuci mobil bisa membuat cat pada mobil putih meninggalkan bercak-bercak yang membuatnya terlihat kusam dan kotor.

  • Rutin Membersihkan Mobil

Sangat disarankan untuk mencuci mobil secara rutin apabila mobil memang sering digunakan. Jangka waktu untuk mencuci mobil sebenarnya bisa sesuai kondisi. Namun disarankan untuk mencuci mobil satu kali dalam seminggu hingga dua kali.

Selain itu meski mobil jarang digunakan, ketika memanasi mobil bisa dilap dan dibersihkan dari debu-debu yang menempel agar tidak melekat bila dibiarkan.

  • Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari

Salah satu cara merawat mobil berwarna putih adalah dengan tidak memarkirkannya di bawah terik matahari. Sering terpapar sinar matahari ultraviolet (UV) dapat menguningkan warna mobil.

Jika Anda ingin memarkir mobil Anda, pastikan untuk melakukannya di tempat yang benar-benar teduh. Anda dapat memilih tempat parkir yang teduh supaya tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Tidak Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Selain di parkir, jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Ini berlaku untuk mobil putih maupun warna gelap. Sebagian pemilik mobil biasanya cenderung mencuci mobil di bawah sinar matahari karena mereka berharap mobil mereka akan kering lebih cepat saat terkena panas matahari.

Meskipun harapan ini mungkin benar, warna cat mobil dapat pudar dengan cepat jika terkena sinar matahari langsung. Banyak pemilik mobil tidak menyadari hal ini. Selain itu, jika Anda mencuci mobil di bawah sinar matahari, sabun atau sampo dapat menyerap ke cat warna mobil dan menyebabkan jamur.

Oleh karena itu, lebih baik mencuci mobil Anda di tempat yang teduh atau jauh dari sinar matahari. Jika Anda memiliki garasi yang bersih, Anda dapat melakukannya di sana.

  • Lakukan Pemolesan

Untuk mempertahankan warna putih mobil, cara selanjutnya adalah pemolesan. Memoles mobil dapat menghilangkan jamur yang menempel pada bodi. Pemolesan ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel cat mobil yang terpercaya maupun bengkel resmi terdekat.

Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Jangan asal-asalan dalam mencuci mobil, Anda bisa melakukan cara di bawah ini untuk menjaga warna putih pada mobil tetap bagus.

  • Bersihkan Debu dan Kotoran

Sebelum mencuci mobil, pastikan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya bisa menggunakan air dengan tekanan agar debu dan kotoran bisa hilang dengan bersih.

  • Perhatikan Air yang Digunakan

Air yang digunakan untuk mencuci mobil sangat berpengaruh. Jangan sampai air yang digunakan mengandung karat dan zat besi tinggi. Kondisi air yang buruk dapat membuat cat pada mobil Anda menguning.

  • Pilih Sabun yang Tepat

Selalu gunakan sabun khusus agar cat putih pada mobil Anda tidak mudah pudar. Sabun khusus untuk mencuci mobil ini banyak dijual di bengkel-bengkel dan toko otomotif terdekat.

  • Gunakan Lap Microfiber

Jangan gunakan spon dalam mencuci mobil, Anda bisa menggunakan lap microfiber yang lebih ramah terhadap cat pada bodi mobil.

  • Keringkan dengan Benar

Setelah mencuci dan membilas mobil dengan bersih, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan benar. Pastikan tidak ada bulir-bulir air yang tertinggal agar tidak ada noda bercak-bercak pada cat mobil Anda.

  • Gunakan Perlindungan Cat

Terakhir, gunakan perlindungan cat setelah mencuci mobil dengan bersih. Perlindungan cat ini akan membuat mobil semakin terlihat kinclong.

Begitulah cara merawat mobil putih agar tetap kinclong. Memiliki mobil dengan warna yang tetap terjaga akan membuat penampilannya tetap bagus. Jangan sampai mobil putih kesayangan Anda menjadi kusam dan harga jualnya menjadi turun karena warna kusam dan noda yang sulit dihilangkan.

source : https://wuling.id/id/blog/autotips/cara-merawat-mobil-putih-agar-tetap-kinclong

Share this Article

Related Posts