Search
Close this search box.

Waspada! Ini 4 Tanda-tanda Mobil Matic Kamu Perlu Diservis

Populasi mobil matic memang menjadi pilihan utama para pengendara di kota-kota besar. Selain simple, mobil matic juga tidak membuat Anda cepat Lelah karena berkendara di tengah kemacetan. Tapi jangan lengah, Anda juga harus diperhatikan perawatan dan ciri-ciri kerusakannya.
Jangan sampai transmisi matic yang sudah mengalami kerusakan atau malfungsi tapi tetap dipaksakan jalan sehingga malah berakibat transmisinya rusak parah. Bila sudah dipaksakan akan mengakibatkan kerusakaan yang cukup fatal dan bisa mengeluarkan uang sampai puluhan juta rupiah untuk memperbaiki transmisi matic.
Berikut ini tanda-tanda mobil matic Kamu mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki:

1. Bunyi Saat Pindah Transmisi
Tanda-tanda yang harus diperhatikan saat transmisi matic sudah mau rusak, saat posisi tuas transmisi dipindah dari P ke R atau dari N ke D akan timbul suara-suara yang tidak biasa. Jika mobil Kamu mengalami hal tersebut bisa jadi ada kerusakan pada sistem transmisi otomatis.

2. Getaran pada Mesin
Patut diwaspadai apabila adanya getaran yang tidak biasa, ketika Kamu sedang berkendara tiba-tiba terasa ada getaran yang tidak biasa dari mesin. Kemungkinan besar kampas kopling sudah aus atau kemungkinan terburuk malah sudah gosong.

3. Respon Mundur Agak Telat
Jika saat berkendara mundur agak telat respon dari transmisinya perlu diperhatikan. Walau tuas transmisi matik sudah di posisi R, namun harus menunggu lama seperti harus di gas-gas dahulu baru mobil mulai mundur. Umumnya, bila mobil dengan transmisi matic di kondisi sehat, saat tuas transmisi matik di posisi R mobil bisa langsung dengan mudah mundur.

4. Adanya Hentakan Keras Saat Memulai Bermanuver
Selain itu tanda lain jika mulai butuh perhatian adalah saat masuk ke posisi D (Drive) terasa ada hentakan keras. Hentakan ini seperti gigi transmisi dipaksa dan putaran mesin tidak diredam dengan baik. Bisa jadi kerusakan awal pada sistem elektronik atau mekanis. Bila sudah parah, saat mobil sudah dalam posisi tuas transmisi matic D mobil lama untuk berjalan. Bahkan tarikan mobil menjadi lambat atau parah-parahnya mobil bisa saja tidak bisa jalan. Tanda-tanda ini berlaku untuk transmisi matic tipe apa saja seperti mobil transmisi matik konvensional, CVT bahkan transmisi otomatis dual clutch.

Share this Article

Related Posts