Search
Close this search box.

Tips Berkendara Motor di Jalan Tanjakan, Pengendara Matic dan Manual Wajib Tahu

Jalanan yang menanjak tentunya memiliki kondisi teknik tersendiri untuk dapat melaluinya. Untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan, perhatikan dulu cara berkendara di beberapa model jalan, seperti tikungan, turunan, serta tanjakan.
Berikut kami rangkum tips berkendara melewati jalan menanjak dikutip dari beberapa sumber.

1. Gunakan gigi kecil.
ketika melewati jalan menanjak tentunya kendaraan berada pada posisi melawan gravitasi. Oleh sebab itu, pergunakan persneling rendah untuk tipe motor manual agar mendapatkan tenaga yang cukup untuk melibas jalan menanjak. Sedangkan untuk matik, buka gas dengan cara bertahap untuk mendapatkan tenaga maksimal.

2. Aktifkan rem belakang saat berhenti di jalan menanjak.
Hal ini dimaksudkan untuk mencegah motor bergerak mundur. Jika Anda berada di tengah kemacetan wajib untuk tangan standby di tuas rem setiap akan berhenti.

3. Jaga jarak aman antar kendaraan
Hal ini diperlukan guna memberikan ruang ketika kendaraan di depan bergerak mundur.

4. perhatikan area blind spot
hindari motor Anda berada pada area blind spot dengan kendaraan sekitar maupun di area ujung jalan menanjak.

5. Hindari menyalip di jalan menanjak
Ini karena jarak pandang yang terbatas terhadap kemungkinan adanya kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Namun, jika memungkinkan untuk menyalip, pastikan kondisi sekitar sudah benar-benar aman. Selain itu, hanya gunakan lajur kanan untuk menyalip kendaraan di depan.

Pastikan selalu berkonsentrasi penuh saat berkendara dan gunakan perangkat keselamatan berkendara seperti helm, sarung tangan dan sepatu sesuai dengan standar.

Share this Article

Related Posts