Search
Close this search box.

Review Hyundai Creta Prime IVT 2022

Review Hyundai Creta menjadi perbincangan hangat belakangan ini karena mobil ini merupakan salah satu dari sekian banyak mobil yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 beberapa waktu lalu. Mobil SUV pabrikan Korea Selatan ini memang diklaim menawarkan banyak teknologi termutakhir.

Kabarnya, Hyundai Creta 2022 ini merupakan SUV Hyundai pertama yang diproduksi di Indonesia. Mobil ini juga disebut dibuat khusus untuk para pecinta otomotif Tanah Air yang doyan dengan desain SUV compact.
Meskipun juga diluncurkan di India, Hyundai Creta yang dipasarkan di Indonesia ini berbeda dengan yang ada di negara tersebut. Mobil ini mengusung banyak fitur canggih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.
Nah, apa saja yang ditawarkan SUV pabrikan negeri ginseng ini? Daripada penasaran, langsung saja kita simak review Hyundai Creta berikut ini!

1. Eksterior Hyundai creta
kita mulai dengan membahas bagian eksteriornya. Eksterior Hyundai Creta yang hadir di Indonesia ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan versi yang ada di India.
desain Creta disesuaikan dengan selera orang Indonesia yang lebih menyukai tampilan SUV yang kuat dan maskulin. Mobil SUV ini memiliki tampilan yang bergaya, sesuai untuk gaya masyarakat di perkotaan.
Bicara soal dimensinya, Hyundai Creta ini memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm. Sementara itu, ukuran wheelbase atau jarak sumbu rodanya adalah 2.610 mm.
Jika kita lihat pada bagian depannya, Hyundai Creta ini memiliki keunikan tersendiri. Mobil yang satu ini mengandalkan lampu Parametric Jewel Hidden-Type Daytime Running Lights.

Beralih ke bagian sampingnya, terlihat desain dengan two tone diusung Hyundai Creta sehingga menampilkan kesan sporty. Selain itu, mobil ini juga terlihat menggunakan pelek Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci.
Penggunaan pelek yang besar ini mendukung tingginya ground clearance Creta yang mencapai 200 mm. Secara keseluruhan, tampilan bodinya pun tampak berotot dan tangguh.
Pada bagian belakang, kesan sporty juga masih terasa. Mobil ini menyematkan High Mounted Stop Lamp dan Boomerang-type Rear Lights yang bergaya unik.

2. Interior Hyundai Creta
Masuk ke bagian interiornya, Hyundai Creta ini menawarkan desain interior yang cukup modern. Sayangnya, penggunaan material plastik masih ditemukan pada interior mobil ini, meskipun tidak di semua bagian.
Ada dua warna interior yang ditawarkan oleh Hyundai yang bisa dipilih oleh para konsumennya. Mobil ini tersedia dalam pilihan warna interior Full Black untuk semua varian, dan Black/Cognac Two Tone yang ditawarkan mulai varian Trend ke atas.
Pada bagian dasbor Hyundai Creta bisa kita lihat adanya Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci. Layar ini memiliki tampilan digital dan berfungsi sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur, termasuk pengaturan warna tampilan pada instrument cluster yang bisa berubah sesuai dengan mode berkendara yang digunakan.
Ada beberapa kompartemen yang bisa digunakan di dalam kabin Hyundai Creta. Kompartemen yang berada pada bagian dasbornya disebut Cooled Glove Box karena bisa digunakan menyimpan makanan maupun minuman dingin dan panas.
Kesan sporty bukan hanya terlihat pada bagian dasbornya, tetapi juga pada bagian setirnya. Hyundai Creta sendiri diketahui menggunakan setir berdesain D-Cut yang tampak modern.
Sebagai fitur hiburan utamanya, Hyundai Creta dilengkapi head unit berupa Display Audio berukuran 8 inci. Head unit ini memiliki beragam fungsi, bisa terhubung ke smartphone, serta terintegrasi dengan 8 unit speaker BOSE Premium Sound System yang tersebar di seluruh bagian mobil.
Sayangnya, fungsi yang terdapat pada head unit-nya ini belum sepenuhnya menggunakan layar sentuh. Ada beberapa fungsi yang masih harus dioperasikan menggunakan tombol maupun knop putar.
Kemudian kenyamanan penumpang pun semakin terjamin dengan adanya Panoramic Sunroof dan Ventilated Seat. Kursi ini memiliki teknologi yang memungkinkan dilakukannya pengaturan suhu pada kursi.

3. Mesin Hyundai Creta
Bicara soal mesin, Hyundai Creta ini hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin. Mobil ini mengandalkan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders.
Mesin dengan kubikasi 1.497 cc ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 6 percepatan dan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT).
Penggunaan IVT ini dinilai bisa membuat mobil memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih halus dan responsif.
Mesin yang digendong Hyundai Creta ini bisa menghasilkan tenaga hingga 113 HP pada putaran 6.100 rpm dan torsi mencapai 143 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Tenaganya ini disalurkan ke sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.
Hyundai Creta juga diketahui menawarkan empat jenis berkendara yang bisa disesuaikan dengan gaya berkendara masing-masing konsumennya. Ada mode ECO, Comfort, Smart, dan Sport.

4. Fitur Hyundai Creta
Sekarang mari kita bahas soal fitur Hyundai Creta. Mobil SUV yang satu ini diketahui sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi termutakhir, baik dari segi keamanan maupun keselamatan.
Sebagai fitur keselamatan, ada 6 airbags yang disematkan untuk tipe Prime dan Style. Sedangkan untuk varian lainnya yang lebih rendah, hanya tersedia 2 buah airbags saja.
Fitur keselamatan pasif yang disematkan untuk keselamatan penumpang anak-anak antara lain fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX. Sedangkan untuk fitur keamanan tambahan, mobil ini memiliki Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Burglar Alarm.
Hyundai Creta juga hadir standar dengan fitur Hill Start Assist Control, Emergency Stop Signal, dan Vehicle Stability Management. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, dan Parking Sensor.
Untuk fitur keselamatan aktif yang lebih canggih, Hyundai Creta juga sudah dibekali dengan rangkaian fitur SmartSense. Rangkaian fitur ini terdiri atas Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping and Lane Following Assist, Blind-Spot Collision Avoidance Assist, serta Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

Review selengkapnya bisa langsung disaksikan di Channel Youtube Arista Group. sebagai tambahan informasi, unit Creta sudah tersedia di seluruh Dealer Hyundai Arista. Silahkan datang dan dapatkan tawaran menarik lainnya.

Share this Article

Related Posts