Search
Close this search box.

Penyebab Interior Mobil Mudah Rusak

Interior mobil menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan mobil. Tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam untuk mempercantik interior mobil kesayangannya. Namun ternyata, banyak pemilik kendaraan kerap menomorduakannya karena dianggap tidak terlalu penting. Berbeda dengan bodi luar mobil, menjaga kualitas interior mobil diperlukan perawatan ekstra agar tidak mudah rusak dan selalu nyaman saat digunakan.

Sayangnya, hal-hal ini yang sering kali tidak kamu sadari malah merusak interior mobilmu nih, yuk simak:

1. Jarang membersihkan interior mobil
Salah satu penyebab interior mobil mudah rusak, yaitu karena jarang dibersihkan. Meskipun terlihat bersih, bukan berarti interior mobil tidak perlu dibersihkan. Sebaiknya, bersihkan interior mobilmu secara rutin untuk menghilangkan debu atau sisa remah makanan yang dapat menggores kulit jok. Selain menjaga tampilannya tetap berkilau, rutin membersihkannya juga meminimalisir penumpukan debu yang berbahaya bagi pernapasan, terlebih jika jok mobil berbahan dasar kain.

2. Makan dan minum di dalam mobil
Remah makanan atau minuman yang sering tumpah, ternyata dapat merusak interior mobil lho. Apalagi jika makanan atau minuman tersebut mengandung asam, berkuah, dan berminyak. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan bagian dalam mobil agar tidak merusak jok dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

3.Ceroboh di dalam mobil
Meletakan benda-benda bersudut tajam dapat menggores bahkan merobek jok mobil Anda. Tidak hanya itu, barang yang terbuat dari vinyl dan plastik yang mengandung wax juga dapat merusak interior ketika menempel saat mobil dijemur di cuaca panas. Untuk mencegah kerusakan sebaiknya alasi jok dengan kardus atau kain sebelum meletakkan barang bersudut tajam atau mudah luntur.

4. Jemur mobil terlalu lama
Kebiasaan menjemur mobil terlalu lama, tanpa disadari dapat merusak interior mobilmu. Saat memarkirkan mobil di tempat terbuka dengan cuaca panas, suhu kabin dapat meningkat dan lama-kelamaan dapat menyebabkan jok yang terbuat dari kulit mengelupas. Jika sedang bepergian, usahakan parkir mobil di tempat yang teduh. Sementara, jika garasi rumahmu tidak tertutup, selalu ingat untuk menutup mobil dengan pelindung khusus.

5. Hand Sanitizer
Di tengah pandemi, membersihkan benda-benda yang dapat menjadi media penyebaran virus memang penting. Namun, cairan antiseptik atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol dapat merusak lapisan jok yang berbahan kulit sintetis. Oleh karena itu untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan deterjen cair yang dicampur dengan air lalu simpan dalam botol spray.

Share this Article

Related Posts