Search
Close this search box.

Motor Matic Tidak Bisa Distarter? Ini Solusinya!

starter motor matic

Pernahkah Anda terjebak di situasi dimana motor matic Anda tiba-tiba mogok dan tidak bisa distarter? Jangan panik! Kejadian ini memang menyebalkan, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya sendiri.

Artikel ini akan menjadi panduan lengkap untuk Anda yang sedang menghadapi masalah starter pada motor matic. Kami akan membahas berbagai penyebab umum yang membuat motor matic susah starter, beserta langkah-langkah sederhana untuk melakukan pengecekan dan solusi untuk memperbaikinya.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa kembali menyalakan motor matic Anda dan melanjutkan perjalanan. Namun, jika masalah yang dihadapi tergolong serius, kami tetap sarankan untuk membawa motor matic Anda ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Penyebab Umum Motor Matic Tidak Bisa Starter

Motor matic yang mogok dan tidak bisa distarter bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut beberapa penyebab umum yang sering terjadi:

  • Aki Tekor atau Rusak

Aki adalah sumber listrik utama yang dibutuhkan untuk menghidupkan motor matic. Jika aki tekor atau sudah rusak, maka tidak akan ada cukup daya untuk menyalakan starter motor dan mesin. Gejala aki tekor biasanya ditandai dengan lampu motor yang redup atau starter motor yang berbunyi lemah.

  • Masalah Starter Motor

Berita Sebelumnya : Nikmati Promo Service Spesial dari Hyundai Arista Service Car!

Starter motor berfungsi untuk memutar mesin awal ketika Anda menekan tombol starter. Jika starter motor mengalami kerusakan seperti ausnya sikat, macetnya gigi starter, atau lilitan yang rusak, maka mesin tidak akan bisa dihidupkan. Anda biasanya akan mendengar bunyi klik-klik saat mencoba starter, atau tidak ada suara sama sekali.

  • Kerusakan Sistem Pengapian

Sistem pengapian bertugas menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin. Masalah pada busi yang aus, koil pengapian yang rusak, atau kabel busi yang putus bisa menyebabkan tidak adanya percikan api sehingga mesin tidak bisa hidup. Gejala yang mungkin timbul seperti mesin brebet, susah starter, atau mesin mati mendadak.

  • Masalah Sistem Bahan Bakar

Suplai bahan bakar yang tidak lancar juga bisa membuat motor matic susah starter. Filter bensin yang tersumbat, karburator yang kotor (untuk motor matic lama), atau pompa bensin yang tidak berfungsi bisa menjadi penyebabnya. Gejala yang kerap muncul diantaranya mesin susah starter, langsam tidak stabil, dan kehilangan tenaga.

Panduan untuk Memecahkan Masalah dan Solusi Motor Matic

Diagnosis Awal

Sebelum Anda langsung membongkar komponen motor matic, ada baiknya lakukan diagnosis awal untuk mengetahui sumber masalahnya. Perhatikan gejala yang muncul saat motor matic Anda tidak bisa starter. Informasi ini akan membantu Anda untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat.

Memecahkan Masalah

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah starter pada motor matic:

  • Memeriksa Aki

Periksa kondisi aki menggunakan multimeter untuk mengetahui tegangannya. Aki yang sehat biasanya memiliki tegangan di atas 12 volt. Anda juga bisa membersihkan terminal aki dari kotoran dan korosi untuk memastikan koneksi yang baik. Jika aki tekor, coba gunakan jump starter untuk menyalakan motor matic Anda.

  • Starter Motor

Secara visual, periksa kondisi kabel dan terminal starter motor untuk memastikan tidak ada kerusakan. Anda juga bisa mencoba mengetuk perlahan bagian starter motor menggunakan benda padat. Namun, untuk perbaikan yang lebih akurat, sebaiknya bawa motor matic Anda ke bengkel untuk pengecekan menggunakan alat khusus.

  • Sistem Pengapian

Lepas dan periksa kondisi busi. Busi yang kotor, aus, atau basah bisa menyebabkan masalah starter. Bersihkan atau ganti busi jika diperlukan. 

Perhatian: Untuk pengecekan koil pengapian dan kabel busi, disarankan untuk dibawa ke bengkel agar ditangani oleh mekanik yang berpengalaman.

  • Sistem Bahan Bakar

Jika motor matic Anda tetap sulit starter, periksa filter bensin. Filter bensin yang tersumbat bisa menghambat aliran bahan bakar. Ganti filter bensin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tips Perawatan Pencegahan

Mencegah masalah starter pada motor matic jauh lebih baik daripada harus repot mengatasi mogok di jalan. Berikut beberapa tips perawatan rutin yang bisa Anda lakukan:

  • Perawatan Aki

Jaga kebersihan terminal aki dan pastikan tidak ada korosi yang menumpuk. Untuk aki basah, periksa ketinggian permukaan air aki secara berkala dan tambahkan air aki khusus jika diperlukan. Pertimbangkan menggunakan aki kering (maintenance free) yang lebih praktis karena tidak membutuhkan perawatan air aki secara rutin.

  • Starter Motor

Hindari kebiasaan menarik atau menahan starter motor dalam waktu lama saat mesin susah starter. Kebiasaan ini bisa membuat starter motor cepat rusak. Jika Anda mengalami kesulitan starter, sebaiknya jeda beberapa saat sebelum mencoba kembali. Selain itu, lakukan servis berkala di bengkel resmi untuk memastikan kondisi starter motor tetap optimal.

  • Sistem Pengapian

Ganti busi secara rutin sesuai dengan interval yang dianjurkan pabrikan. Busi yang aus atau kotor bisa menyebabkan masalah starter dan pembakaran yang tidak sempurna. Selain itu, gunakan busi yang memiliki spesifikasi dan kode panas yang sesuai dengan motor matic Anda.

  • Sistem Bahan Bakar

Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Hindari penggunaan bahan bakar oplosan yang dapat merusak komponen sistem bahan bakar dan menyebabkan mesin brebet atau susah starter. 

Selain itu, jangan biarkan tangki bensin kosong terlalu lama karena endapan kotoran di dasar tangki bisa terhisap ke dalam karburator atau injektor, sehingga menghambat aliran bahan bakar. Lakukan pembersihan karburator atau injektor secara berkala di bengkel untuk menjaga performa mesin dan mencegah masalah starter.

source : https://www.suzuki.co.id/tips-trik/motor-matic-tidak-bisa-distarter-ini-solusinya?pages=all

Share this Article

Related Posts