Search
Close this search box.

Mobil Mati Mendadak, Kenali Beberapa Penyebabnya

Apabila mobil jarang diservis, salah satu resikonya dapat menyebabkan mobil mati mendadak. Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil yang sedang dikendarai tiba-tiba mati.

1. Mesin mengalami overheat, disebabkan karena sistem pendingin radiator rusak atau bermasalah, hingga pada akhirnya mesin mobil terlalu panas lalu mati. Kendala ini bisa terjadi karena pemilik kendaraan malas untuk mengecek kondisi radiator.

2. Sistem starter mengalami kendala, disebabkan karena umur pakai yang sudah terlalu lama dan mengalami penurunan kualitas.

3. Kehabisan bahan bakar, bisa terjadi karena pengemudi lalai untuk mengisi bahan bakar. Bisa juga karena indikator bensin pada panel instrumen sudah rusak, sehingga pemilik mendapatkan informasi bahan bakar real time yang salah hingga dampak yang ditimbulkan adalah bensin dalam tangki habis sehingga tidak mampu menggerakan mesin mobil.

4. Alternator mengalami kendala. Bila komponen tersebut mengalami masalah maka aki tidak mendapat suplai listrik yang maksimal, selanjutnya aki mobil tidak bisa menyuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup. Jika alternator rusak maka biaya perbaikan komponen tersebut cukup mengocek biaya yang lumayan mahal.

5. Masalah pada pengapian, segera mengganti koil atau busi dengan komponen yang baru untuk membuat mesin mobil menjadi normal kembali

6. Saluran udara bermasalah. Biasanya terjadi pada filter udara yang kotor, selang filter dan box air filter yang mengalami kerusakan.

Share this Article

Related Posts