Search
Close this search box.

Mematikan Lampu Kabin Saat Berkendara Di Malam Hari, Ini Penjelasannya

Lampu dalam kabin umumnya terpasang pada plafon kabin, tepatnya di antara pengemudi dan penumpang di baris kedua. Lampu kabin difungsikan sebagai alat penerangan interior mobil. Lampu ini juga bisa digunakan sebagai indikator penanda apabila ada pintu mobil yang belum tertutup rapat, sehingga pengemudi tidak langsung memacu mobilnya.

Berkendara di malam hari sudah menjadi hal yang biasa. Berkendara di malam hari dinilai lebih efektif karena bisa menghindari kemacetan. Saat Anda mengendarai mobil di malam hari, lampu kabin pada mobil harus dimatikan. Pernahkah Anda penasaran mengapa lampu kabin pada mobilmu tersebut harus dimatikan saat Anda berkendara di malam hari? Nah, berikut 3 alasan mengapa lampu kabin pada mobil Anda harus dimatikan saat berkendara di malam hari.

1. Menyesuaikan Penglihatan Mata pada Malam Hari
Kemampuan pengelihatan mata akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima. Jika lampu kabin pada mobilmu menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit. Jika di saat sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan penglihatanmu pun akan terganggu. Oleh karena itu, lampu kabin mobil yang dimatikan akan membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil. Prinsip sederhana ini dapat menyelamatkan nyawa.

2. Menjaga Privasi
Salah satu alasan sebaiknya lampu kabin mobil harus dimatikan adalah untuk menjaga privasi agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian. Jika lampu kabin pada mobil menyala, para penjahat, seperti penjahat begal, akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di dalam mobilmu.

3. Menganggu Konsentrasi Pengendara Lain
Lampu kabin yang menyala akan menganggu konsentrasi pengendara mobil lain khususnya yang berada di belakang. Pandangan pengendara lain perlu fokus pada jalanan dan lampu-lampu petunjuk di jalan raya. Jika lampu kabin mobil Anda menyala, konsentrasi pengendara lain akan beralih pada bagian mobilmu yang terang.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menyalakan lampu kabin mobil sama sekali. Sebenarnya boleh saja Anda menyalakan lampu kabin mobil asalkan sesuai kebutuhan dan tidak dalam waktu yang lama.

Share this Article

Related Posts