Search
Close this search box.

Komponen Interior Mobil yang Perlu Dirawat!

Banyak yang menganggap interior mobil tidak terlalu penting dalam pemeriksaan karena risiko adanya kerusakan lebih kecil. Interior mobil memang tidak bersinggungan langsung dengan gangguan dari luar seperti jalanan yang rusak, air, hingga cuaca. Namun, bukan berarti komponen-komponen yang menyusun interior mobil tidak dapat rusak. Penggunaan komponen interior secara terus-menerus ini bukan tidak mungkin akan memunculkan permasalahan. Untuk itu, pemeriksaan juga perlu dilakukan pada bagian interior mobil. Idealnya, pemeriksaan memang dilakukan menyeluruh pada seluruh komponen interior mobil, termasuk permukaan dashboard mobil. Berikut komponen-komponen interior mobil yang harus dirawat:

1. Air Conditioner (AC)
AC adalah komponen interior vital pada sebuah mobil, tanpa AC, berkendara akan terasa kurang nyaman. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa AC sebelum bepergian jauh, cek apakah AC terasa dingin atau tidak. Waspadalah jika AC sering mati mendadak. Mesin yang berderit saat mobil dihidupkan juga bisa menjadi indikator adanya kerusakan pada komponen penyusun AC. Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil Kamu ke bengkel.

2. Head Unit
Head unit adalah komponen pada mobil yang berfungsi sebagai penerima seluruh sinyal audio di dalam mobil. Bentuknya berupa layar untuk mengatur seluruh audio pada mobil, baik itu melalui Bluetooth, Radio FM/AM, maupun CD atau DVD. Pada beberapa jenis mobil, head unit juga dapat digunakan sebagai GPS. Periksalah head unit sebelum bepergian jauh. Jika menggunakan touch screen, periksa apakah sensitivitasnya masih baik.

3. Kemudi (Steering Wheel)
Periksa apakah setir sejalan dengan gerak ban dan jangan lupa juga untuk mengecek power steering bekerja dengan baik. Selain setir, periksa juga panel indikator yang terletak di depan setir. Lihat speedometer dan indikator lainnya, apakah bekerja dengan baik atau justru ada gangguan.

4. Jok dan Karpet
Terakhir, jangan lupa memeriksa bagian jok dan karpet mobil. Jok memiliki peranan penting dalam kenyamanan berkendara, khususnya bagi alas kaki. Untuk itu, periksalah komponen tersebut sebelum bepergian. Pastikan jok dalam kondisi baik dan nyaman untuk diduduki. Untuk karpet, kamu harus rutin membersihkan bagian ini karena bersinggungan langsung dengan dunia luar. Cuci karpet pelapis saat terlihat kotor dan tidak sedap dipandang dengan cairan pembersih khusus mobil.

Pemeriksaan dan perawatan mobil jangan hanya pada bagian eksterior, tapi penting pula untuk memeriksa dan merawat bagian interior mobil dengan seksama. Hal ini dikarenakan bagian dalam mobil juga bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan jika tidak lekas diperbaiki dan dalam keadaan tidak bersih.

Share this Article

Related Posts