Search
Close this search box.

Kenali Penyebab dan Efek dari Highway Hypnosis Saat Mudik

Saat berkendara jarak jauh, terutama saat mudik lebaran, kita mungkin pernah mengalami kejadian di mana tiba-tiba kita merasa seperti terhipnotis dan tidak sadar telah menempuh jarak yang cukup jauh. Kondisi ini disebut dengan highway hypnosis atau hipnosis jalan raya.

Highway hypnosis menjadi bahaya yang sangat serius bagi pengemudi saat berkendara dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera. Apakah bisa dihindari? Berikut penjelasan pengertian, bahaya, serta cara mengatasinya.

Apa Itu Highway Hypnosis?
Highway hypnosis adalah kondisi saat seseorang mengalami kebosanan dan monotoni saat berkendara di jalan raya yang lurus dan tanpa banyak perubahan. Kondisi ini menyebabkan otak seseorang tidak lagi aktif dan fokus saat berkendara, dan mengakibatkan pengendara tidak sadar telah menempuh jarak yang jauh tanpa disadari.

Dalam keadaan ini, pikiran sadar pengemudi seolah-olah fokus pada hal lain, sementara masih dapat merespon situasi di sekitarnya dengan aman dan benar. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk dari proses otomatisasi pada kondisi mental.

Sebenarnya, kondisi ini tidak hanya terjadi saat berkendara, tetapi juga pada aktivitas rutin lainnya seperti bekerja atau berjalan-jalan. Beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa seseorang mengalami highway hypnosis antara lain:

  1. Mengantuk
  2. Kehilangan konsentrasi atau kebingungan
  3. Pikiran melayang
  4. Perasaan tumpul atau linglung
  5. Waktu reaksi lambat
  6. Kelopak mata berat atau sering berkedip

Dilansir Healthline, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan highway hypnosis antara lain:

  • Jalan yang monoton
  • Kurangnya perhatian otak
  • Kelelahan atau kurang tidur
  • Bahaya Highway Hypnosis
  • Kondisi ini bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Tandanya mirip dengan pengemudi yang mengantuk. Meski sepele, kasus pengemudi mengantuk, mengutip caraccidenthelp.com, telah menyebabkan sekitar 100.000 kecelakaan mobil setiap tahun dan menewaskan sekitar 6.500 orang,

Layaknya mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk, kondisi seperti ini juga mengurangi kemampuan Anda untuk merespon situasi yang tak terduga yang muncul di jalan. Kondisi ini memiliki bahaya yang cukup serius jika tidak ditangani dengan baik. Berikut ini adalah beberapa bahayanya:

Kecelakaan yang serius: dapat membuat pengendara tidak sadar akan kondisi di sekitarnya, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.
Kehilangan kendali: Saat kondisi ini terjadi, pengendara tidak lagi fokus dan aktif dalam mengemudikan mobil, sehingga membuat pengendara kehilangan kendali atas mobilnya.
Meningkatkan risiko stres: Kondisi dapat menyebabkan pengendara merasa lelah dan stres, sehingga meningkatkan risiko terjadinya stres saat berkendara.

Share this Article

Related Posts