Search
Close this search box.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

Saat ini, transmisi CVT merupakan salah satu transmisi yang paling banyak dipilih untuk digunakan pada mobil-mobil modern. Selain karena menghasilkan pengendaraan yang lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, ternyata ada beberapa kelebihan lain dari transmisi yang satu ini.

Tidak Perlu RPM Tinggi
Bagi yang belum tahu RPM ini merupakan singkatan dari Revolutions per minute yang digunakan untuk menghitung kecepatan perputaran mesin mobil.
Tingginya RPM ini harus diperhatikan ketika memindahkan gigi supaya mesin bisa bekerja sesuai dengan porsinya.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada transmisi CVT ini tidak diperlukan RPM yang tinggi untuk mendapatkan tenaga yang besar.
Oleh karena itu, tidak akan ada masalah meskipun pengemudi memindahkan gigi pada RPM di angka rendah, karena tidak akan berpengaruh pada kinerja mesin.
Hal ini pula yang membuat transmisi CVT lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional.

Ramah Untuk Pengendara Pemula
Transmisi CVT dinilai lebih mudah untuk dikendarai para pengendara pemula karena tidak memiliki gigi persneling seperti yang ada pada mobil dengan transmisi manual.
Pada mobil dengan transmisi CVT, pengemudi cukup mengendalikan pedal gas dan rem, sementara pergantian gigi dapat dioperasikan dengan puli.
Dua puli yang ada pada transmisi CVT ini adalah puli penggerak dan puli yang digerakkan. Sistem yang lebih sederhana ini tentu akan lebih mudah dipelajari oleh para pengemudi pemula.
Selain itu, pengendaraan yang lebih halus pada mobil dengan transmisi CVT ini membuat pengemudi pemula tidak panik karena tidak ada hentakan dari mobil.
Mobil dengan transmisi CVT juga tidak memiliki akselerasi yang terlalu tinggi, sehingga lebih nyaman digunakan para pemula. Bukan itu saja, transmisi CVT ini juga dilengkapi dengan engine brake yang kuat sehingga tidak perlu pengereman yang terlalu keras pada saat berkendara.
Kekurangan Transmisi CVT

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi kita juga masih bisa melihat adanya beberapa kekurangan pada transmisi CVT ini.
Kekurangan yang paling utama dari mobil dengan transmisi CVT adalah harga jualnya yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual atau otomatis konvensional.
Selain itu, biaya servis berkalanya juga biasanya lebih mahal, apalagi jika terjadi kerusakan dan perlu diperbaiki. Sistem yang dimiliki transmisi CVT ini memang lebih rumit dibandingkan transmisi lainnya.
Transmisi CVT juga memiliki akselerasi yang lambat, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Akselerasi yang lambat ini tentu bisa menjadi kelebihan bagi pengemudi pemula, tetapi justru akan membuat pengemudi yang sudah mahir menjadi lebih lambat ketika berkendara

Share this Article

Related Posts