Search
Close this search box.

Jenis Ban mobil yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

Berkendara di tengah cuaca hujan tentunya membutuhkan perhatian ekstra. Pengemudi harus memperhatikan cara berkendara, kondisi jalanan yang dilalui, dan juga kondisi mobil. Hujan yang turun tentunya membuat jalanan menjadi basah dan membuatnya cenderung licin hingga memunculkan genangan.

Saat hujan, grip roda ke permukaan jalan menjadi berkurang, sehingga kondisi ini bisa menyebabkan aquaplaning atau kendaraan kehilangan daya cengkeram ketika melewati genangan air. Oleh karena itu, memperhatikan kondisi mobil pada saat memasuki musim hujan adalah hal yang harus diprioritaskan. Khususnya, pada bagian ban mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan. Minimal lakukan pemeriksaan tekanan angin dengan cara memperhatikan bentuk ban, apakah terlihat mengempis atau tidak.

Selain itu, pastikan juga memilih jenis ban mobil yang cocok digunakan saat musim hujan. Perlu diketahui juga bahwa setiap ban memiliki tapak atau pola ban mobil yang tidak sama. Pola ini memiliki kegunaan yang bervariasi. Melansir dari laman Wuling, setidaknya ada tiga jenis ban (pola ban) yang cocok digunakan saat memasuki musim hujan.

1. Asymmetrical Tread (Pola ban asimetris)

Jika dilihat, pola ban asimetris tampak seolah menyatukan dua ban menjadi satu karena pola ban sisi dalam dan luar berbeda. Tapak ban bagian luar biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan sisi dalam. Hal ini, untuk memberikan daya cengkeram lebih, baik saat kering maupun saat jalan basah atau licin. Saat kering, daya cengkeram yang lebih baik sangat berguna saat menikung atau berganti jalur.

Yang harus diperhatikan adalah pemasangan ban berpola asimetris ini adalah bahwa bagian luar dan dalam ban, tidak boleh salah karena akan mempengaruhi performa kendaraan dan berpotensi membahayakan.

2. Symmetrical Tread (Pola ban simetris)

Pola ban simetris merupakan pola yang umum digunakan pada kebanyakan ban di mobil. Pola ban ini tampil simetris di sisi dalam dan sisi luar mengelilingi ban dengan motif desain yang serupa. Tujuan dari pola ban ini adalah memudahkan untuk membelah air saat hujan. Selain itu, umumnya pola ban seperti ini lebih hening dan lebih nyaman.

3. Directional (Pola ban searah)

Pola ban yang satu ini seolah berbentuk V, karena mengarah pada arah tujuan. Pola ini berguna untuk membelah air saat terjadi genangan, sehingga dapat menghindari aquaplaning. Selain itu, ban ini juga memiliki grip yang lebih baik saat jalan kering.

Share this Article

Related Posts