Search
Close this search box.

JANGAN PANIK, Inilah Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Aman Saat Hujan

Jangan khawatir, mobil listrik tetap bisa digunakan berkendara meski dalam kondisi hujan sekalipun. Meskipun begitu, agar aman dan nyaman, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari risiko hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa tips penting berkendara mobil listrik saat hujan adalah sebagai berikut:

1. Periksa Daya Baterai
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengendarai mobil listrik dalam kondisi hujan adalah cek daya baterai mobil listrik Anda. Pastikan sebelum berkendara, daya baterai mobil listrik sudah penuh sehingga Anda tidak perlu berhenti untuk melakukan charging.

2. Perhatikan Kondisi Ban
Ketika berkendara saat musim hujan, usahakan untuk menghindari ban mobil yang sudah botak. Ban mobil yang sudah botak memiliki daya cengkeram terhadap permukaan jalan yang buruk. Kondisi ini bisa sangat berisiko jika Anda naik mobil hujan karena bisa menyebabkan mobil lebih mudah tergelincir.
Selain kondisi permukaan ban, Anda juga perlu memperhatikan tekanan angin ban. Pastikan tekanan angin ban dalam kondisi yang pas, tidak kurang dan tidak berlebih agar mobil bisa bermanuver dengan optimal.

3. Karet Wiper Harus Dalam Keadaan Baik
Saat musim hujan, wiper sangat berfungsi untuk membantu membersihkan kaca mobil dari air. Hal ini berguna untuk membuat pandangan pengemudi tetap baik meskipun berkendara dalam kondisi hujan lebat.
Sebelum berkendara, pastikan wiper dalam kondisi yang baik. Selain itu jangan lupa cek air pembersih kaca dan pastikan masih terisi penuh agar bisa bekerja membersihkan kaca mobil listrik dengan optimal.

4. Segera Cuci Mobil Listrik Setelah Kena Air Hujan
Air hujan bisa menyebabkan korosi jika tidak segera dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, setelah menggunakan mobil listrik ketika hujan, sebaiknya segera cuci mobil Anda untuk menghilangkan kotoran sekaligus sisa air hujan yang masih menempel.

Pada dasarnya, berkendara menggunakan mobil listrik saat hujan tetap aman dilakukan. Apalagi saat ini telah banyak mobil listrik yang dilengkapi dengan fitur canggih yang memungkinkan memiliki ketahanan akan air yang lebih bagus, salah satunya mobil Wuling air ev.

Wuling air ev aman digunakan untuk berkendara saat hujan. Mobil ini telah melalui serangkaian uji keamanan, salah satunya adalah uji perendaman air IP 67 yaitu dengan merendam baterai mobil listrik ini di air sedalam 1 meter. Pengujian dilakukan selama 30 menit dalam kondisi baterai tertutup dan terbukti baterai mobil Wuling Air ev tetap aman untuk digunakan.

Pengujian ini dilakukan untuk memastikan baterai aman digunakan ketika kondisi hujan atau jalan banjir. Dengan adanya pengujian ini Anda tidak perlu khawatir mengendarai mobil Air ev saat musim hujan. Meski begitu, pastikan semua komponen dan fitur dalam kondisi yang prima agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman di tengah cuaca hujan sekalipun.

Share this Article

Related Posts