Search
Close this search box.

Honda Mendapat Penghargaan Rating Tingkat Keselamatan Tertinggi dari ASEAN NCAP

PT Honda Prospect Motor mendapat penghargaan atas dua produknya yaitu All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V. Kedua mobil ini meraih peringkat keselamatan tertinggi dalam program ASEAN NCAP (New Car Assessment program for Southeast Asia). Penghargaan diserahkan oleh perwakilan NCAP & MIROS (Malaysian Institute of Road Safety Research), 15 Oktober 2022 di Nusa Dua, Bali.

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di Kawasan ASEAN. Uji tabrak yang dilakukan adalah bentuk kerja sama antara ASEAN NCAP dan Japan Automobile Research Institute (JARI).

Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, digunakan juga dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. Uji tabrak dilakukan dengan menabrak penghalang dari bahan alumunium dengan kecepatan 64 km/jam.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) menabrak mobil dengan kecepatan 50 km/jam.

All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V berhasil meraih rating tingkat keselamatan tertinggi yaitu lima (5) bintang dari program ASEAN NCAP. All New Honda HR-V, mobil yang diluncurkan di Indonesia tanggal 23 Maret 2022 lalu, berhasil meraih total skor 81.38 dari 100. Selanjutnya, All New Honda BR-V generasi kedua, mobil yang diluncurkan di Indonesia pada bulan September 2021 dan mulai dijual pada Januari 2022, berhasil meraih total skor 77.02 dari 100.

Kedua mobil SUV Honda tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Honda SENSING. Teknologi ini merupakan teknologi canggih yang menggunakan front wide view camera yang tertanam pada bagian dalam kaca depan mobil untuk memandu sistem berkendara. Selanjutnya, teknologi ini mampu mengetahui keadaan sekitar kendaraan seperti mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki lalu memberikan peringatan pada pengemudi untuk mengurangi tingkat risiko kecelakaan.

Kedua model SUV Honda ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lain seperti Honda LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock. Front Passenger & Rear Seat belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat. Pencapaian yang diraih All New HR-V dan All New BR-V menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan lainnya.”

Share this Article

Related Posts