Search
Close this search box.

Cuaca ekstrim! ini dia 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Tahun 2022 diawali dengan cuaca yang cukup ekstrim. Curah hujan yang tinggi dengan rentan waktu yang cukup sering hampir setiap harinya. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada laju lalu lintas di jalanan. Kondisi jalan yang becek dan banyak genangan belum lagi adanya lubang membuat para pengendara harus ekstra berhati-hati. Padahal berkendara di kondisi seperti itu bisa menjadi salah satu situasi yang sulit dihadapi pengemudi. Ditambah jarak pandang yang berkurang menambah risiko berkendara. Lantas bagaimana tips aman berkendara di saat hujan?
Berikut ialah beberapa tips berkendara dari Arista yang perlu Anda lakukan di kala hujan agar tetap aman :

1. Mengemudi Waspada dan Tenang
Bagi pengemudi wajib waspada saat mengemudi sangat penting dalam situasi ketika jarak penglihatan Anda terhalang oleh guyuran hujan. Tetap berhati-hatilah dan tenang saat mengemudi dalam hujan. Selama hujan deras, matikan gangguan seperti ponsel atau radio dan fokuskan pandangan pada jalan.

2. Nyalakan Lampu Mobil
Saat mengemudi di tengah hujan deras, lampu kendaraan tentu menjadi salah satu faktor penting. lampu depan yang cukup terang membuat pengemudi merasa percaya diri saat menyetir, seperti yang umum pada kendaraan-kendaraan modern, yakni menggunakan lampu light emitting diode (LED). Lampu jenis ini tidak menghasilkan panas seperti lampu halogen sehingga lebih hemat energi dan membuat aki bertahan lebih lama.
Mengemudi mobil dengan lampu menyala di saat hujan akan membantu pengelihatan jarak pandang dan sebagai tanda pengemudi lain melihat kendaraan Anda. Jangan lupa selalu gunakan lampu sein sebelum berpindah jalur atau berbelok. Komunikasi yang baik dengan pengemudi lain membantu menjaga keselamatan di jalan, terutama saat hujan deras.

3. Terapkan Prinsip “Pelan Asal Selamat Sampai Tujuan”
air hujan dan aspal akan menciptakan kondisi jalanan yang licin. Untuk menghindari ban mobil hilang cengkeraman, sebaiknya Anda memperlambat laju mobil saat berkendara di tengah hujan. Jika mobil sampai hilang kendali bisa sangat menakutkan. Ketika mobil mengalami hydroplaning atau kehilangan cengkeraman karena terlalu cepat, tetaplah tenang dan perlahan kurangi kecepatan. Jangan gunakan rem saat hydroplaning karena pengereman mendadak dapat menyebabkan mobil Anda selip. Hindari tikungan tajam dan oversteering karena dapat menyebabkan mobil Anda berputar.

4. Jaga Jarak
Menjaga jarak antara mobil dengan kendaraan di depan untuk memberi jarak dan waktu atas perubahan mendadak di jalan. Anda tidak dapat memprediksi apa yang akan dilakukan pengemudi lain, terutama dalam kondisi cuaca buruk. Sebagai tindakan pencegahan, beri jarak sekitar 3-5 mobil antara Anda dan kendaraan di depan Anda.

5. Hindari Genangan Air
Salah satu keuntungan memperlambat laju kendaraan saat hujan deras adalah Anda dapat mawas terhadap genangan air di jalan. Genangan air dapat menyembunyikan lubang atau lumpur yang dapat merusak atau melumpuhkan kendaraan Anda. Bisa saja mobil Anda tergelincir karena menerobos genangan air yang ternyata menyimpan lubang.

Demikian 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan yang patut Anda terapkan pada saat masa sekarang ini. Selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan dan tingkatkan kewaspadaan pada saat berkendara.

Share this Article

Related Posts