Search
Close this search box.

Cari Mobil SUV? Simak Dulu Tips Lengkapnya!

suv

Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan salah satu tipe mobil yang banyak digunakan di Indonesia saat ini. Tipe mobil ini memang punya banyak kelebihan dan hadir dengan tampilan yang gagah. 

Di zaman sekarang ini SUV hadir semakin canggih dengan teknologi terbaru sehingga performanya jauh lebih optimal. Tidak heran jika tipe mobil ini semakin diminati di masyarakat. Jika Anda juga tertarik, mari kenali apa saja tips sebelum membelinya!

Tips Membeli Mobil SUV

Saat ini ada banyak sekali tipe SUV yang bisa Anda jumpai di pasaran. Namun pastikan Anda memilih mobil yang tepat agar tidak menyesal kemudian. Tentunya dalam hal ini ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan. 

Sebelum Anda membeli SUV, pastikan untuk mengetahui apa saja tips-tips penting yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips membeli SUV idaman sesuai kebutuhan Anda:

  • Perhatikan Dimensi Mobil

Ukuran atau dimensi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum Anda membeli mobil. SUV hadir dengan berbagai desain dan pilihan dimensi yang cukup bervariasi.

Ada beberapa kategori SUV yang perlu Anda ketahui untuk mempertimbangkan dimensinya. Anda bisa menemukan SUV dengan desain dua baris dan tiga baris tempat duduk dengan ukuran yang bervariasi. 

Selanjutnya dimensi mobil SUV juga dibedakan ke dalam beberapa variasi seperti compactsmallmedium, dan large. Dari sini Anda bisa mencari tahu detail dimensi masing-masing tipe mobil untuk memantapkan pilihan. 

Berita Sebelumnya : NETA Arista Tebet Lakukan Serah Terima Unit NETA V kepada 100 Konsumen Pertama

Tentunya pilihan dimensi mobil ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan tujuan pemakaian yang berbeda. Hal ini bisa mendasari pemilihan dimensi mobil tersebut. 

  • Cek Ground Clearance

Selanjutnya Anda perlu mengecek ground clearance atau jarak antara bagian bawah mobil dan permukaan tanah. Perlu diketahui bahwa ground clearance ini merupakan salah satu faktor penting dalam memilih SUV. 

Pada dasarnya UV merupakan tipe mobil yang didesain untuk melintas di berbagai jenis medan. Mulai dari jalan yang berbatu, jalan becek, hingga jalan yang tidak rata. Itulah mengapa ground clearance yang tinggi sangat dibutuhkan. 

Ground clearance yang tinggi juga akan menguntungkan Anda sebagai pengemudi. Mobil dengan ground clearance cukup tinggi akan mempermudah Anda saat melintas di jalanan yang medannya terbilang sulit sekalipun. 

Desain seperti ini juga akan melindungi mobil Anda dari kerusakan. Saat melintas di medan yang tidak rata, bagian bawah mobil bisa terbentur. Namun hal ini tidak akan terjadi jika ground clearance mobil cukup tinggi. 

Jelas sudah bahwa pertimbangan ground clearance memang sangat penting. pastikan SUV yang Anda pilih punya ground clearance yang cukup tinggi sehingga mampu melintas di berbagai medan secara aman. 

  • Perhatikan Fitur Keamanan yang Dimiliki

Mobil SUV di zaman sekarang seharusnya memiliki teknologi yang canggih. Teknologi ini bisa mendukung fitur keamanan yang semakin baik pada mobil tersebut. Hal ini harus Anda perhatikan sebelum membeli mobil impian. 

Pilihlah jenis SUV yang memiliki fitur keamanan lengkap dan canggih. Apalagi SUV merupakan tipe mobil yang bodinya besar dan berat sehingga butuh sistem keamanan atau perlindungan yang optimal. 

Ada beberapa jenis sistem keamanan yang wajib ada pada SUV. Mulai dari airbag, kontrol traksi, sistem kamera, dan sensor parkir. Selain itu Anda bisa mempertimbangkan fitur keamanan lain yang mendukung. 

Semakin lengkap fitur keamanan yang tersedia maka akan semakin bagus. Artinya mobil tersebut aman untuk digunakan dan Anda juga pasti akan merasa jauh lebih nyaman saat berkendara. 

  • Pilih Mobil yang Ramah Lingkungan

Di zaman sekarang ini Anda sebaiknya memilih jenis mobil SUV yang ramah lingkungan. Apalagi teknologi saat ini berkembang semakin canggih dan memungkinkan adanya sistem ramah lingkungan pada SUV. 

Dulunya SUV memang dikenal sebagai mobil dengan mesin berkapasitas besar dan cenderung boros bahan bakar. Namun kemajuan teknologi membuat SUV masa kini jauh lebih ramah lingkungan. 

Sebaiknya perhatikan baik-baik seperti apa tipe mesin yang digunakan. Selain itu Anda juga bisa mencari tahu apakah mobil tersebut cukup ramah lingkungan atau tidak. 

Selain bisa menguntungkan diri sendiri, mobil dengan fitur ramah lingkungan juga menguntungkan bagi orang lain. Pemakaian mobil seperti ini bisa meminimalisir dampak buruk pencemaran di lingkungan sekitar kita. 

  • Perhatikan Efisiensi Bahan Bakar

Tips berikutnya yang perlu Anda lakukan saat mencari SUV adalah memperhatikan efisiensi pemakaian bahan bakar. Selain berhubungan dengan faktor ramah lingkungan tadi, hal ini juga berpengaruh pada keuangan Anda. 

Saat menggunakan mobil dengan pemakaian bahan bakar yang efisien, maka Anda akan merasa jauh lebih hemat. Selain itu mobil juga bisa lebih ramah lingkungan dan tidak merugikan Anda maupun orang lain. 

Semakin irit SUV yang Anda gunakan maka akan semakin menguntungkan bagi Anda. Apalagi jika Anda berencana untuk menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang panjang. 

  • Lakukan Uji Coba Berkendara

Hal penting lainnya yang juga harus dilakukan saat ingin membeli mobil SUV adalah uji coba berkendara. Ini perlu Anda lakukan baik saat membeli mobil baru maupun mobil bekas pakai. 

Uji coba berkendara akan membuat Anda mengenal mobil tersebut lebih jauh. Anda bisa menilai kualitas mobil dan seperti apa tingkat kenyamanannya. Jika cukup nyaman bagi Anda maka mobil tersebut bisa jadi pilihan tepat. 

Ada banyak hal yang bisa Anda ketahui saat melakukan uji coba berkendara. Mulai dari tarikan mesin, kenyamanan saat tancap gas, suasana kabin, dan masih banyak lagi. Hal-hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan penting bagi Anda. 

Saat mencoba berkendara dengan mobil yang akan Anda beli, Anda juga bisa mencoba berbagai fitur yang tersedia. Apalagi di zaman sekarang fitur pada mobil sudah semakin canggih dan lengkap. 

Anda bisa langsung mengetahui apa saja fitur yang ada di mobil tersebut. Anda juga dapat mencoba memakainya dan memberi penilaian tersendiri. Hal ini bisa membuat Anda lebih yakin untuk membeli SUV tersebut atau tidak. 

  • Perhitungkan Bujet untuk Membeli Mobil

Jangan lupa perhitungkan juga bujet atau anggaran yang akan dipakai untuk membeli mobil. Perlu diketahui bahwa harga SUV saat ini sangat bervariasi tergantung tipe dan dimensinya. 

Tentu akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk membeli SUV impian jika tahu berapa bujet yang bisa dikeluarkan. Anda bisa lebih mudah menyesuaikan pilihan SUV berdasarkan bujet tersebut. 

Perhitungan bujet ini juga bisa jadi pertimbangan untuk menentukan apakah ingin membeli SUV bekas atau baru. Sesuaikan saja dengan kemampuan sendiri agar lebih menguntungkan kedepannya. 

Anda juga bisa melakukan survei ke beberapa tempat untuk mengetahui varian harga SUV di pasaran saat ini. Dari sini Anda bisa mengetahui SUV mana yang ditawarkan dengan harga terbaik sesuai bujet. 

source : https://www.suzuki.co.id/tips-trik/cari-mobil-suv-simak-dulu-tips-lengkapnya?pages=all

Share this Article

Related Posts