Search
Close this search box.

Cara Menghilangkan Kantuk saat Berkendara

Saat berkendara, seringkali kita merasakan kantuk yang tak tertahankan. Apalagi kalau jalan yang dilalui hanya lurus terus seperti jalan tol. Nah, ini beberapa cara untuk menghilangkan kantuk saat berkendara, terutama dalam perjalanan jauh.

1. Minum kopi
Kurang lebih butuh waktu sekitar 30 menit sampai efeknya terasa. Jadi, ketika rasa kantuk itu muncul, akan lebih baik jika Anda mengambil waktu beberapa saat untuk beristirahat sambil menunggu efek kopi bekerja.

2. Menepi dan tidur
Ketika dalam perjalanan jauh, setiap 2,5 jam sekali harus menepi dan beristirahat untuk menghindari

3. Lakukan peregangan.
Penyebab rasa kantuk saat berkendara bisa juga karena kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh pengemudi, untuk mengatasi hal itu, anda bisa melakukan peregangan selama 10-30 menit.

4. Buka kaca sedikit.
Penyebab rasa kantuk saat berkendara bisa juga karena sirkulasi udara di dalam mobil yang kurang baik.

5. Mengunyah permen karet.
Mengunyah permen karet dapat menurunkan kadar hormon stres yang akan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Selain itu, mengunyah permen karet bisa merangsang pergerakan otot-otot di wajah yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

6. Minta ditemani saat berkendara.
Carilah teman saat akan mengemudi, ajaklah teman atau keluarga yang bisa menemani sepanjang jalan. Kalau teman tersebut tidak bisa nyetir, pastikan dia untuk tetap terjaga. Namun, lebih baik teman yang diajak juga bisa nyetir, jadi bisa gantian mengemudi selama perjalanan.

Terlepas dari cara-cara menghilangkan kantuk di atas, lebih baik lagi kalau kita tidak memaksakan diri untuk menyetir apabila keadaan kita sedang ngantuk karena dapat membahayakan diri kita dan penumpang di dalam mobil.

Share this Article

Related Posts