Search
Close this search box.

Benarkah Helm yang Pernah Jatuh Tidak Boleh Dipakai Lagi? Ini Penjelasannya

Helm merupakan satu-satunya pelindung kepala saat mengendarai motor. Karena itu, perlu ada perlakuan khusus agar proteksi yang diberikan tidak berkurang. Tak sedikit pemotor percaya bahwa helm yang sudah pernah jatuh dari ketinggian tertentu sangat terlarang untuk digunakan kembali. Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Helm memiliki 3 lapisan, shell atau kulit luarnya, kemudian ada IPS (Impact Protection System atau stereofoamnya itu, dan inner layer helm. Ketiganya ini merupakan satu kesatuan. Ketika terjadi impact karena kecelakaan atau pun helm terjatuh, lapisan IPS akan retak halus, bahkan sulit dilihat mata. Tapi terasa ketika disentuh. Kalau sudah seperti ini jelas tidak bisa dipakai lagi.

Kemampuan helm dalam menerima tekanan berbeda-beda. Pasalnya, material yang digunakan setiap merek tidak sama dan memiliki standarisasinya masing-masing. Untuk sekarang helm paling aman yang beredar di pasaran menggunakan bahan super glass fibre. Material ini juga yang digunakan beberapa para pembalap di MotoGP.

Share this Article

Related Posts