Search
Close this search box.

Air Menetes dari Bawah Mobil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

air menetes

Menemukan air menetes dari bawah mobil setelah parkir memang membuat was-was, tapi jangan panik dulu! Artikel ini akan membahas penyebab umum air menetes di bawah mobil, mulai dari kondisi normal hingga masalah serius seperti kebocoran radiator.

Dengan memahami penyebab dan langkah-langkah penanganannya, Anda dapat menjaga kesehatan dan kinerja mobil Anda.

Penyebab Air Menetes di Bawah Kolong Mobil

Ketika Anda melihat air menetes dari bawah mobil, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diatasi. Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa air menetes dari bawah mesin mobil:

Kebocoran Radiator

Air radiator keluar dari bawah mesin mobil merupakan salah satu indikasi terjadinya kebocoran pada sistem pendingin. Radiator adalah komponen penting yang berfungsi menjaga suhu mesin tetap optimal. Jika radiator bocor, cairan pendingin (coolant) akan keluar, mengurangi kemampuan sistem pendingin. Kebocoran bisa terjadi pada berbagai bagian radiator, seperti selang, gasket, atau inti radiator itu sendiri.

Kebocoran radiator menyebabkan mesin mudah mengalami overheating. Tanpa cukup cairan pendingin, sistem tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga suhu mesin meningkat dengan cepat.

Kondensasi dari AC Mobil

Kondensasi dapat menyebabkan air ac mobil menetes dari bawah. Kondensasi terjadi karena perbedaan suhu antara saluran AC yang dingin dan udara sekitar yang lebih hangat.

Meskipun kondensasi adalah proses normal, saluran pembuangan air kondensasi terkadang dapat tersumbat atau bocor, menyebabkan air menetes ke dalam kabin mobil, terutama di bawah dashboard.

Kebocoran Air Wiper

Penyebab utama kebocoran wiper adalah kerusakan pada tabung air wiper yang menyimpan cairan pembersih untuk disemprotkan ke kaca mobil. Jika tabung ini bocor, cairan pembersih akan menetes dari bawah mobil, sering kali di sekitar roda depan.

Jika Anda melihat air menetes dari bawah mesin mobil dan mencurigai kebocoran wiper sebagai penyebabnya, langkah terbaik adalah membawa mobil ke bengkel. Teknisi profesional dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan sumber kebocoran dan memperbaikinya.

Kerusakan pada Sistem Pendingin

Selain radiator, air juga bisa menetes dari bawah mobil akibat kerusakan pada komponen lain dalam sistem pendingin, seperti selang atau water pump. Jika water pump gagal berfungsi, cairan pendingin tidak akan bersirkulasi dengan baik, menyebabkan overheating.

Seiring waktu, water pump dan selang pendingin dapat aus dan retak akibat panas mesin dan getaran. Retakan ini bisa menyebabkan kebocoran cairan pendingin, sehingga menetes dari bawah mesin mobil.

Berita Sebelumnya : Penyebab Mobil Limbung, Ciri-Ciri Hingga Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Kebocoran Air Radiator Mobil

Untuk mengidentifikasi apakah air yang menetes dari bawah mobil disebabkan oleh kebocoran pada sistem pendingin, Anda dapat memperhatikan beberapa ciri-ciri berikut:

Air Menetes di Bawah Mesin Mobil

Salah satu ciri-ciri air radiator mobil bocor adalah air yang menetes di bawah mesin mobil. Jika Anda menemukan genangan cairan di bawah mobil setelah parkir, ini bisa mengindikasikan kebocoran pada sistem pendingin. Cairan radiator biasanya licin dan berwarna, jadi jika cairan yang menetes memiliki ciri tersebut, kemungkinan besar itu adalah cairan radiator.

Level Cairan Radiator Berkurang

Penurunan level cairan radiator secara terus-menerus tanpa tanda-tanda penguapan normal bisa menunjukkan adanya kebocoran. Cairan radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin, dan level yang harus tetap stabil jika sistem berfungsi dengan baik. Jika Anda harus mengisi ulang cairan radiator lebih sering dari biasanya, kemungkinan besar ada kebocoran di suatu tempat dalam sistem.

Overheating

Overheating, yang merupakan kondisi ketika mesin terlalu panas, bisa menjadi tanda lain dari kebocoran air radiator. Cairan pendingin berperan penting dalam menjaga suhu mesin tetap optimal. Tanda-tanda overheating termasuk jarum suhu di dashboard yang menunjukkan zona merah, lampu peringatan suhu mesin yang menyala, asap keluar dari kap mesin, serta penurunan performa mesin.

Adanya Bekas Cairan di Komponen Mesin

Periksa juga apakah terdapat bekas cairan pada komponen-komponen mesin seperti selang, water pump, atau bagian lain dari sistem pendingin. Cairan radiator yang bocor biasanya meninggalkan bekas pada komponen mesin atau bagian bawah kap mobil.

Cara Mengatasi Air Menetes dari Bawah Mobil

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri kebocoran air radiator mobil, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Periksa dan Ganti Selang

Lakukan pemeriksaan visual terhadap semua selang yang terlihat. Cari retakan, bengkak, atau kerusakan lainnya pada selang. Jika Anda menemukan selang yang retak atau aus, segera ganti dengan yang baru. Pastikan untuk menggunakan selang berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi pabrik mobil Anda.

Periksa Water Pump dan Tabung Air Wiper

Periksa tanda-tanda kebocoran di sekitar water pump dan tabung air wiper, seperti bekas cairan atau tetesan. Periksa juga kebocoran pada tabung dan tutupnya. Jika Anda menemukan kebocoran pada water pump atau tabung air wiper dan mereka tidak berfungsi dengan baik, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Periksa Kondisi Karet dan Seal

Cari tanda-tanda keausan atau kerusakan pada karet dan seal. Ini mencakup seal di sekitar radiator, water pump, dan sambungan selang. Pastikan semua karet dan seal terpasang dengan benar dan kencang untuk mencegah kebocoran.

Pengecekan dan Perawatan Rutin

Secara rutin, periksa level cairan radiator, cairan pendingin, dan cairan wiper. Isi ulang jika diperlukan, dan perhatikan apakah ada penurunan level cairan yang tidak wajar. Ikuti jadwal servis berkala yang direkomendasikan. Selama servis, teknisi akan memeriksa semua komponen penting dan memastikan semuanya dalam kondisi baik.

Dengan memahami penyebab dan langkah-langkah penanganan terkait air menetes dari bawah mobil, Anda dapat merawat mobil Anda dengan lebih baik. Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel terpercaya jika Anda mengalami masalah serius yang tidak bisa ditangani sendiri. Lakukan pemeriksaan rutin dan servis berkala untuk memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik.

source : https://wuling.id/id/blog/lifestyle/air-menetes-dari-bawah-mobil-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Share this Article

Related Posts