Search
Close this search box.

6 Manfaat Servis Mobil Berkala Secara Rutin

Seperti yang kita ketahui, setiap kendaraan wajib untuk dilakukan pemeliharaan agar menunjang masa pakai yang panjang. Besaran biaya servis mobil bisa sangat bervariatif tergantung merk mobil, jenis, dan besaran kilometer yang sudah dicapai. Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh pengguna kendaraan ketika rutin menjalani servis mobil, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Mobil Tetap Prima
Servis yang rutin sesuai aturan membuat kinerja mobil tetap cemerlang dan bisa melaju dengan prima. Karena servis dilakukan secara menyeluruh, maka Anda bisa tahu komponen mobil mana saja yang perlu perbaikan. Pasalnya, komponen mobil memiliki penurunan kualitas seiring dengan jarak pemakaian.
Misalnya, kampas rem yang menipis, busi aus, atau saringan udara yang kotor. Semua itu bisa terdeteksi melalui servis secara berkala. Saat servis mobil, bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen bila diperlukan. Dengan begitu, mobil bisa tetap melaju dengan baik dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.

2. Berkendara Semakin Nyaman Dan Aman
Servis mobil secara berkala memberi peluang bagi Anda dan pihak bengkel mengetahui komponen mana saja yang sudah perlu diganti atau diperbaiki. Misalnya, kampas rem yang menipis tentu akan diganti dengan komponen yang baru.
Ini tentu saja akan membuat kamu selaku pemilik dan pengendara mobil merasa aman dan nyaman. Bila sebelumnya merasa was-was dengan performa mobil, maka servis membuat hati kita plong. Melaju di jalanan menjadi lebih nyaman.

3. Hemat Biaya
Jangan lupa kalau servis kendaraan secara berkala mengurangi risiko kantong Anda boros di masa yang akan datang. Servis mobil secara berkala memberi peluang bagi kamu mengganti komponen yang rusak. Bila pihak bengkel menemukan satu saja komponen yang sudah lawas dan perlu diganti, maka mereka akan meminta persetujuan pemilik mobil untuk melakukan penggantian.
Penggantian di saat servis berkala ini memang mengeluarkan biaya. Tapi ingat, masih lebih baik merogoh dompet untuk biaya servis berkala ketimbang merogoh kocek untuk penggantian komponen yang tiba-tiba rusak setelah lama tidak diservis. Biasanya komponen yang rusak akibat lama tidak diservis akan menuntut perbaikan dengan biaya yang tidak sedikit. Artinya, uang yang dikeluarkan akan lebih banyak. Karena itu, lebih baik servis secara berkala. Meski tetap mengeluarkan uang, yang terpenting performa kendaraan tetap terjaga. Siasati Budget Yang Dikeluarkan Relatif Lebih Murah Dan Terjangkau

4. Manfaatkan Promo Dan Paket Servis
Pada kesempatan tertentu, biasanya bengkel mobil akan melakukan promo dalam rangka perayaan hari besar tertentu. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan servis maupun mangganti bagian tertentu pada mobil kamu. Selain promo, paket servis yang ditawarkan oleh bengkel cenderung lebih murah ketimbang melakukan satu jenis servis yang Anda inginkan. Cara menghemat biaya servis mobil tersebut bisa kamu jadikan alternatif penghematan biaya.

5. Umur Kendaraan Lebih Lama
Mobil yang diberi jatah servis berkala memiliki usia yang relatif lebih lama. Dengan setiap servis yang dilakukan, Anda jadi tahu komponen mana saja yang perlu diganti. Penggantian dan perbaikan komponen secara berkala membuat performa mobil lebih baik. Masa pakai mobil pun jadi lebih panjang.

6. Nilai Jual Kendaraan Stabil
Performa mobil yang baik dan terjaga serta jaminan kenyamanan dan keamanan yang tetap ada, membuat nilai jual mobil lebih stabil. Itulah mengapa mobil harus dicek secara berkala. Mobil yang diservis secara berkala tentu lebih dipilih para pemburu mobil bekas ketimbang mobil yang jarang atau tak pernah diservis. Tentu, mobil bekas yang masih bisa melaju kencang dan performa baik punya nilai tawar yang tinggi. Karena itu, penting untuk Anda rutin servis mobil. Agar saat kendaraan mobil senantiasa aman dan nyaman.

Share this Article

Related Posts