Search
Close this search box.

5 Hal Yang Jadi Penyebab Mobil Gak Kuat Menanjak

Terungkap, Berikut Beberapa Faktor Penyebab Mobil Gagal Nanjak, Salah Satunya Pengemudi Kurang Percya diri. Meskipun mobil sudah didesain untuk menghadapi jalanan menanjak, namun terkadang Anda suka merasa jika mobil sepertinya kurang bertenaga.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil gagal nanjak di jalanan. Beberapa faktor tersebut, bisa terjadi karena kondisi mobil dan juga dari sisi pengemudinya.

1. Masalah pada sistem bahan bakar
Hal pertama yang harus diperiksa adalah sistem bahan bakar dimana penggunaan bahan bakar yang memang tidak mendukung untuk mobil bekerja lebih kuat saat di tanjakan. Untuk masalah ini, Anda bisa menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang lebih tinggi dari bahan bakar yang Anda gunakan saat ini. Namun meski begitu, tetap harus memperhatikan kadar okta sesuai dengan panduan penggunaan mobil.

2. Masalah pada saluran bahan bakar
Meskipun sudah memakai bahan bakar yang berkualitas, mungkin saja ada masalah lain di dalam komponen bahan bakar yang membuat mobil tidak kuat menanjak. Misalnya adanya penyumbatan pada saluran bahan bakar sehingga membuat penyaluran bahan bakar sebagai sumber energi kendaraan menjadi terhambat.
Nah, bisanya penyumbatan ini terjadi karena banyaknya kerak karbon yang menempel atau bisa juga kebiasaan pengguna yang tak kunjung mengisi bensin meski bensin sudah mau habis. Jika hal ini di biarkan terus menurus maka endapan yang ada di tangki bensin akan naik ke saluran bahan bakar yang menimbulkan penyumbatan.

3. Masalah pada oli mesin
Masalah lain yang mungkin menjadi penyebab mobil tidak mampu menanjak adalah oli mesin. Alangkah baiknya Anda melakukan pengantian oli mesin secara rutin sesuai dengan kilometer yang ditulis oleh mekanik saat mengganti oli. Selain itu, gunakan oli mesin sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan supaya performa kendaraan dapat selalu maksimal.

4. Busi Mobil bermasalah
Selanjutnya adalah busi. Komponen satu ini juga bisa menyebabkan mobil Anda tidak kuat menanjak. Busi yang sudah dalam kondisi lemah akan menyebabkan kendaraan menjadi kurang responsif saat melaju. Selain itu busi yang sudah melemah juga bisa membuat kendaraan menjadi cepat boros karena proses pembakaran mesin yang tidak sempurna. Untuk itu alangkah baiknya mengganti busi mobil paling tidak setiap 20 ribu km.

5. Masalah pada kelistrikan mobil
Kelistrikan juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil tak kuat menanjak, bahkan bisa membuat mobil mogok. Masalah kelistrikan ini biasanya terjadi karena kondisi aki yang sudah tidak maksimal atau sistem isi ulang listrik dari alternator ke aki yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu Anda bisa mengecek kelistrikan mobil terutama pada kabel-kabel yang mungkin sudah berkarat sehingga membuat aliran listrik menjadi tidak lancar.

Itu dia 5 hal yang mungkin menjadi penyebab mobil Anda tidak kuat menanjak. Jaga terus performa mobil Anda dengan memperhatikan hal ini agar mobil selalu bisa melaju disegala medan jalan.

Share this Article

Related Posts