NOW LOADING

Mempersiapkan Mobil Menyambut Musim Hujan

Beranda Berita Mempersiapkan Mobil Menyambut Musim Hujan
Mempersiapkan Mobil Menyambut Musim Hujan
05 October 2020
Tak terasa saat ini kita mulai memasuki penghujung tahun. Bersamaan dengan hal tersebut musim hujan pun telah menanti. Beberapa persiapan perlu kita lakukan pada kendaraan saat musim hujan tiba agar tetap aman saat berkendara di bawah guyuran hujan ataupun saat melintasi jalan yang basah. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan:

1. Cek Kondisi Wiper
Wiper merupakan “senjata” pertama kita saat berkendara di bawah guyuran hujan. Musim kemarau dengan cahaya matahari yang terik ataupun usia wiper yang telah lebh dari setahun biasanya akan membuat karet wiper getas dan pecah-pecah. Hal tersebut dapat menurunkan kemampuan wiper menyapu air hujan yang jatuh di kaca mobil sehingga dapat mengganggu pandangan pengemudi. Oleh karena itu sebelum musim hujan tiba, pastikan kondisi karet wiper masih dalam keadaan baik dan segera lakukan penggantian bila karet wiper sudah getas dan mulai pecah-pecah.

2. Cek Kondisi Kaca Depan
Cek juga kondisi kaca depan kendaraan anda. Pastikan tidak ada noda/kotoran ataupun kerusakan di kaca depan kendaraan anda yang dapat mengganggu pandangan. Selain itu pastikan juga kaca film yang digunakan pada kaca depan tidak terlalu gelap agar pandangan pengemudi tetap maksimal saat harus berkendara di tengah hujan lebat di malam hari.

3. Ban
Perhatikan kondisi ban kendaraan anda. Pastikan keempat ban dalam kondisi baik. Cek alur dan kembangan ban apakah masih tebal. Ban memiliki alur/kembangan yang didesain untuk dapat memecah air saat kendaraan melewati jalan yang basah ataupun genangan air agar mobil tetap dapat dikendalikan dengan baik dan meminimalisasi gejala aquaplaning. Selain itu cek juga tekanan angin pada keempat ban anda, pastikan tekanan anginnya sesuai dengan yang disarankan oleh pabrikan ban/produsen kendaraan anda.

4. Lampu-lampu
Saat berkendara di bawah guyuran hujan seringkali pandangan kita terganggu oleh air hujan atau bahkan kabut sehingga pengemudi harus menyalakan lampu untuk membantu mendapatkan visibilitas yang lebih baik serta dapat terlihat oleh pengendara lain. Pastikan seluruh lampu yang ada di kendaraan anda berfungsi dengan baik, mulai dari lampu utama, lampu jauh, lampu kabut, lampu sein, lampu belakang, hingga reflektor/mata kucing berada dalam kondisi baik. Selain itu jika anda tinggal di daerah pegunungan yang sering berkabut sebaiknya anda menggunakan lampu utama dan lampu kabut dengan karakter warna kekuningan atau sekitar 3000 Kelvin agar dapat menembus pekatnya kabut.

Demikianlah tips dari kami mengenai persiapan yang dapat anda lakukan sebelum berkendara di musim hujan. Jangan lupa share artikel ini kepada keluarga, kerabat, serta prang-orang yang anda sayangi. Stay safe & #PakaiAristaSaja!
Head Office
Jl. Raya Kalimalang No. 19 Duren Sawit Jakarta Timur 13440
info@arista-group.co.id
Contact Us
Jam Kerja
Jam Kerja Cabang
Senin hingga Minggu : 08.30 - 17.30
Jam Kerja Head Office
Senin hingga Jumat: 08.00 hingga 17.00
Sabtu & Minggu: Tutup
Temukan Kami Di Sini
Sitemap
© 2003 - 2020 ARISTA GROUP | Hak cipta dilindungi
Arista Group © 2019. All Rights Reserved