NOW LOADING
Beranda Berita & Review 5 Hal Perlu Diperhatikan dalam Membeli Mobil Baru Supaya Tidak Menyesal 5 Hal Perlu Diperhat...
news image
user who created By Arista Group

5 Hal Perlu Diperhatikan dalam Membeli Mobil Baru Supaya Tidak Menyesal

Tips membeli mobil baru ini wajib untuk diketahui oleh calon konsumen. Di banyak kota-kota besar di Indonesia mobil merupakan transportasi yang wajib untuk dimiliki sebagai kebutuhan. Selain karena kebutuhan, akses dan mobilitas yang cepat juga jadi alasan banyaknya mobil jadi bagian dari kebutuhan masyarakat di kota besar.
Sayangnya fakta tadi masih belum berimbang dengan fakta bahwa masih banyaknya masyarakat yang masih bingung untuk mendapatkan informasi bagaimana cara membeli mobil baru.
Tips paling utama dan yang umumnya harus dilakukan adalah mencari sebanyak-banyaknya informasi terlebih dahulu tentang mobil secara keseluruhan. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, kemudahan mendapatkan informasi rasanya bukan lagi jadi halangan. Segala info bisa diakses dengan mudah di internet.
Jika ingin yang lebih konvensional dengan menyambangi langsung tempat penjualan, setidaknya informasi tentang pameran mobil atau akses tentang dealer terdekat dengan tempat tinggal masih bisa dicari lewat internet.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman dalam membeli mobil baru.


1. Tujuan Membeli Mobil
Sebagai calon pembeli, selain mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, baiknya tentukan terlebih dahulu tujuan membeli mobil. Bagi sebagian orang memiliki kendaraan atau mobil tujuannya adalah untuk mobilitas sehari-hari.
Biasanya mobil yang dipakai harus memiliki daya tahan tinggi yang pastinya akan mengurangi biaya perawatan sebagai tindakan pencegahan, walaupun ketika dijalan kejadian tak terduga bisa saja terjadi.
Selain itu ada juga kelompok masyarakat yang memiliki mobil untuk tujuan bepergian bersama dengan seluruh anggota keluarganya. Artinya, konsentrasi paling utama dalam pemilihan mobilnya adalah kapasitas tanpa melupakan aspek lainnya.

2. Jenis Mobil Pilihan
Setelah mengetahui tujuan membeli mobil, langkah berikutnya adalah jenis mobil seperti apa yang kiranya akan digunakan. Contohnya jika akan memilih mobil jenis SUV carilah sebanyak mungkin terlebih dahulu informasi tentang SUV dari berbagai merek secara daring. Sebagai referensi empat sampai lima merk bisa dipilih dan digali informasi dan dicari perbandingannya.
Pahami setiap fitur yang ada pada mobil baik kelebihan maupun kekurangannya. Setelah itu bisa juga cari informasi tentang ulasan dari setiap jenis mobil yang akan dibeli. Ulasan-ulasan itu bisa jadi indikator yang cukup berguna, baik secara kinerja kendaraan maupun dari segi pemasaran.

3. Sesuaikan Budget
Setelah banyak meneliti tentang tujuan dan menentukan jenis mobil yang akan dimiliki, langkah berikutnya adalah sesuaikan dengan budget yang ada.
Dalam pencarian informasi sebelumnya biasanya selalu mencantumkan harga. Tak hanya harga dari setiap itemnya tapi yang perlu diperhitungkan juga adalah harga on-road dari mobil yang akan dipilih.
Selain itu, biaya lain yang penting juga dijadikan perhitungan adalah biaya perawatan kedepannya. Ini harus masuk kedalam anggaran yang disesuaikan dengan daya beli pastinya. Penting diketahui bahwa mobil-mobil kelas atas juga akan memakan biaya perawatan yang lebih mahal.
Jadi, sebisa mungkin jangan merogoh kocek terlalu dalam untuk pembelian unit mobil baru agar biaya lainnya bisa juga dialihkan ke perawatan. Sebaliknya, pilihlah kendaraan yang bisa dijaga perawatannya untuk lima sampai sepuluh tahun kedepan.

4. Mengunjungi Dealer dan Melakukan Test Drive
Mengumpulkan informasi secara daring bisa jadi rekomendasi, tapi untuk mengetahui nilai sesungguhnya dari kendaraan penting juga untuk mengunjungi dealer yang menjual mobil pilihan anda.'
Di dealer anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya juga di bagian penjualan dan apakah pilihan tersebut juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mobil yang akan dimiliki. Selagi berada di dealer jangan lupa minta untuk melakukan test drive. Pusatkan perhatian pada bagaimana mobil yang dicoba beroperasi.
Rasakan kinerja mesin saat berkendara dan pelajari betul-betul semua fitur yang ada pada mobil. Mesin mobil yang bekerja dengan baik akan sangat mendukung semua komponen lain serta fitur yang ada. Rasakan juga kenyamanan dan keamanan berkendara saat berada dalam kabin.
Jika memutuskan untuk membeli mobil di dealer ada baiknya juga mencari keuntungan lain yang biasanya dijadikan penawaran saat penjualan. Hal pertama yang perlu ditanyakan adalah apakah dealer tersebut memberikan aksesoris gratis seperti keset lantai dan sarung jok. Selain itu, aksesoris lain seperti pengisi daya baterai, roda panduan, plat nomor, dongkrak dan perangkat lainnya juga bisa anda jadikan penawaran gratis jika akan membeli mobil di dealer.
Kedua, negosiasikan harga dengan membaca syarat dan ketentuan yang ditawarkan dengan seksama. Sekiranya ada fitur atau aksesoris pada mobil yang tidak diperlukan bisa dijadikan opsi untuk dihilangkan yang tentunya diimbangi dengan penurunan harga. Pada bagian ini kemahiran tawar-menawar dengan penjual sangat diperlukan agar anda bisa menghemat lebih banyak uang.
Berikutnya adalah garansi. Tanyakan pada bagian penjualan apakah dealer tersebut menawarkan garansi untuk jenis mobil yang berbeda juga. Cek juga bagaimana cara kerja garansi pada tipe mobil yang berbeda karena beberapa produsen mobil juga menyertakan servis gratis selama beberapa kali atau tahun bergantung pada syarat dan ketentuan yang ada.
Terakhir dan tak kalah penting adalah penawaran pemeliharaan tahunan. Karena biaya perawatan termasuk yang besar untuk dikeluarkan sebaiknya tanyakan apakah di dealer tersebut menyediakan layanan pemeliharaan gratis.
Dengan adanya penawaran yang satu ini juga sangat bisa menghemat pengeluaran kedepannya dan memaksimalkan fasilitas dealer.

5. Mengunjungi Pameran
Mengunjungi pameran tak hanya bisa dijadikan opsi referensi tapi ada beberapa keuntungan lainnya juga yang bisa didapatkan. Saat mengunjungi pameran, selain sebagai referensi dalam memilih mobil, anda juga bisa lebih jeli untuk melihat adanya tawaran menarik.
Salah satu di antara banyaknya tawaran yang ada pada saat pameran adalah diskon.Biasanya saat pameran diskon yang ditawarkan lumayan menggiurkan dalam artian cukup besar. Jika informasi itu tidak bisa didapatkan saat pameran bisa juga dicek secara online tentang penawaran diskon tersebut.
Di beberapa kasus biasanya pameran digelar di hari-hari besar khusus tertentu. Penawaran menarik saat hari besar tersebut biasanya akan lebih banyak dan bisa jadi godaan yang cukup besar dalam memilih mobil.
Tips terbaik membeli mobil baru saat pameran adalah memanfaatkan banyaknya penawaran dan potongan harga yang tinggi tanpa mengurangi aspek lain pada mobil tersebut.
Demikian beberapa tips membeli mobil baru yang bisa dijadikan pedoman. Semoga bermanfaat.

Head Office
Footer Map Icon Jl. Raya Kalimalang No. 19 Duren Sawit, Jakarta Timur 13440
Footer Phone Icon 021–86601111
Footer Email Icon info@arista-group.co.id
Jam Kerja
Cabang
Senin - Minggu : 08:00 - 18:30
Head Office
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00
Get in Touch
Dapatkan informasi dan penawaran terbaru dengan berlangganan!
Get in Touch
Dapatkan informasi dan penawaran terbaru dengan berlangganan!
© 2003 - 2022 ARISTA GROUP | Hak cipta dilindungi